Langsung ke konten utama

Praktikum Ketrampilan Interpersonal ke-1

Pada hari Kamis tanggal 2 September 2010 tepatnya pukul 15.30-18.00 WIB, mahasiswa baru Sistem Informasi ITS kelas C sedang melakukan praktikum matakuliah Keterampilan Interpersonal untuk pertama kalinya. Semua kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan memiliki banyak makna jika dihubungkan dengan kehidupan kita.

Pertama, tepat pukul 15.30 WIB para mahasiswa dikumpulkan di taman SI(Sistem Informasi) untuk dibariskan dan dibagi kelompok. Pembagian kelompok tersebut sangat unik. Kita disuruh memejamkan mata dengan tangan berada di belakang. Sedangkan kakak-kakak pendamping berputar mengelilingi kami dan memberikan selembar kertas kecil yang berisikan nama kelompok kami yang berasal dari berbagai lagu kebangsaan Indonesia. Ada Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Satu Nusa Satu bangsa, dan masih banyak lagi. Di selembar kertas kecilku tertulis lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Sehingga aku harus menyanyikan lagu tersebut secara keras agar aku dapat berkumpul dengan anggota kelompokku. Bisa dibayangkan kan bagaimana gaduhnya pada saat itu. Namun menurutku hal tersebut sangat mengasyikkan, karena selain untuk memersatukan anggota kelompok dan memperkenalkan jati diri kelompok, kita juga dapat menumbuhkan rasa semangat nasionalisme di dalam jiwa kita.

Setelah seluruh anggota kelompokku berkumpul, kita melakukan permainan lempar tangkap bola yang dilakukan dengan menyebutkan nama dan hobi masing-masing kelompok. Contohnya seperti ini, orang pertama memegang bola yang akan dilemparkan pada orang yang dituju sambil berkata, ”saya si A hobi saya membaca, saya akan memberikan memberikan bola ini pada si B.” Setelah orang kedua menerima bola, dia menjawab,” terimakasih si A yang memiliki hobi membaca, saya si B hobi saya menulis dan saya akan memberikan bola ini pada si C.” Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang. Kegiatan ini memiliki arti selain supaya identitas kita diketahui oleh rekan kerja kita dan berlaku sopan santun agar orang lain menghormati kita, Kita juga harus berhati-hati dan sigap dalam melakukan semua tidakan. Karena sekali kita melakukan kesalahan maka orang lain akan mencemooh kita. Hal tersebut sama dengan apabila ada salah satu anggota yang tidak bisa menangkap bola tersebut pasti anggota lain akan menertawakannya. Oleh karena itu sebelum melakukan seluruh tidakan sebaiknya kita harus memikirkannya secara matang dan hati-hati.

Setelah semua anggota kelompokku memperkenalkan identitas diri mereka masing-masing. Kita mulai memikirkan nama dan logo dari kelompok kita. Setelah berunding cukup lama akhirnya kita sepakat dengan nama SIKIITS (dengan mengganti huruf ‘i’ dengan angka ‘1’ supaya kita selalu menjadi nomor satu dan mengganti huruf ‘T’ dengan simbol palu untuk menunjukkan semangat kita yang selalu tinggi dalam melakukan segala pekerjaan atau dalam kata lain menunjukkan kalau kiat suka bekerja keras). Setelah membuat nama dan logo kelompok, kita membuat yel-yel dan kita harus menampilkan yel-yel tersebut di atas panggung di depan teman-teman, dosen, dan kakak-kakak pendamping. Yel-yel kita seperti ini,



“we are, we are SIKIITS. SIKIITS. We are, we are SIKIITS. SIKIITS. Apa tu SIKIITS? S I di K I bikin ITS mantap jaya.”

Logo, nama, dan yel-yel kelompok tersebut menunjukkan Identitas masing-masing kelompok. Dalam pembuatan dan penyampaian ketiga hal itu haruslah lantang, keras, dan unik agar anggota kelompok lain selalu mengingat kelompok kita. Hal tersebut sama seperti pembuatan iklan TV, semakin unik dan nyeleneh maka iklan tersebut akan selalu diingat oleh masyarakat. Sehingga hal itu berdampak dengan semakin berkembang pesatnya penjualan produk iklan tersebut karena masyarakat banyak yang tertarik dan mulai berbondong-bondong untuk membeli produk itu. Selain itu dengan menyanyikan yel-yel kelompok secara keras di atas panggung, hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri kita jika berhadapan dengan orang banyak.

Setelah selesai menyanyikan yel-yel di atas panggung. Masing-masing anggota kelompok berpencar dan berbaris kembali seperti keadaan sebelum terbentuk kelompok. Lalu kakak-kakak pendamping memberikan tugas kepada kita lagi. Kita disuruh berpencar memutari taman SI sambil berkenalan dan menuliskan biodata teman kita satu persatu dan ingat setiap orang harus bertanya pada satu orang (tidak boleh berkelompok). Kegiatan ini memiliki arti supaya kita lebih mengenal identitas klien/teman kita, mempererat hubungan antar satu sama lain, dan hal itu mengajarkan kita untuk lebih bertanggung jawab dan jujur.

Setelah selesai melakukan seluruh kegiatan. Kira-kira pada pukul 18.00 WIB kita menyudahi semua permainan ini dan Pak Cholil memberi tugas pada kita untuk merangkum semua kegiatan yang telah kita lakukan pada saat itu dan mengartikan makna dari semua permainan tersebut.

Dari semua kegiatan yang telah saya sebutkan di atas, inti dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah kita harus berani berbuat, berani berbicara di depan orang banyak dengan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan, sopan santun, tanggung jawab, kejujuran, kehati-hatian, dan kesigapan dalam melakukan semua tindakan, serta kita harus berbeda dari yang lain (seperti memiliki potensi yang tidak dimiliki banyak orang) agar orang lain selau mengingat dan tertarik untuk berkawan atau menjadi mitra kerja bagi kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Angin Bertiup : Permainan Ketangkasan

Angin bertiup adalah permainan mengasah konsentrasi dan ketangkasan gerak. Tata cara permainan ini adalah : 1. Ajak banyak teman untuk bermain permainan ini, cari tempat yang luas dan siapkan beberapa bangku. 2. Duduk pada bangku yang tersedia. setiap bangku harus diisi maksimal 2 orang. 3. Tunjuk seorang teman untuk berdiri di depan sebagai instruktor dan wasit permainan. 4. Instruktor berkata,“angin bertiup”. Lalu pemain membalas dengan pertanyaan, “ bertiup kemana ?”, dan instruktor pun menjawab dengan menyebutkan salah satu ciri dari pemain, “bertiup ke anak yang memakai baju berwarna merah”. 5. Maka pemain yang ciri-cirinya disebutkan oleh instruktor harus berpindah tempat duduk dengan pemain yang memiliki cici yang sama. 6. Waktu yang tersedia untuk berpindah tempat duduk hanya 5 menit. Bagi pemain yang terlambat, dia akan gugur dan mendapatkan hukuman. Permainan angin bertiup ini sangat bagus dan terkandung banyak hikmah didalamnya, diantaranya yaitu: 1. Mengajarka...

MISSING LYRICS

Permainan missing lyrics adalah sebuah permainan tebak judul lagu dan siapa penyanyinya. Tata cara melakukan   permainan ini adalah semua pemain dibagi menjadi beberapa kelompok sedang. Setiap kelompok berjumlah sekitar 12 orang. Didalam setiap kelompok dibagi kembali menjadi 2 kelompok A dan B yang terdiri dari sekitar 6 orang. Kelompok A maju terlebih dahulu dan bertanding dengan kelompok lain. Saat bertanding, setiap kelompok di haruskan berdiri berbaris dengan badan membelakangi panggung permainan dan mata tertutup. Sedangkan satu anak yang barisan paling depan dalam kelompok tidak berdiri membelakangi, dia bertugas menjadi leader permainan didalam kelompok. Instruktor memperlihatkan sebuah video klip musik pada masing-masing leader kelompok. Leader kelompok wajib memberi tahu info video klip tersebut, yaitu apa judul lagunya dan siapa penyanyinya. Dalam upaya memberi tahu pada setiap anggota kelompok dilarang menggunakan suara dan gerakan mulut, yang diperbolehkan adalah men...

GUNG HO

Produser : Ron Howard Penulis : Edwin Blum Rilis : 1986 Genre : Comedy-Drama Pemain utama : Michael Keaton, Gedde Watanabe, dan George Wendt 1. Ringkasan cerita film Hunt Stevonson, seorang penduduk asal Amerika, tepatnya daerah Hadleyville, pergi ke Jepang dengan tujuan mencari investor yang mau mengelolah kembali perusahaan motor yang telah lama tutup di daerah tempat dia tinggal. Padahal penduduk di daerah Hadleyville sangat menggantungkan hidup pada perusahaan motor tersebut. Karena perusahaan tidak beroperasi maka penduduk Hadleyville menjadi pengangguran. Melihat kejadian tersebut, Hunt tergerak untuk mencari investor yang cocok bagi perusahaan motor di daerahnya. Setelah mencari cukup lama, akhirnya Hunt menemukan sebuah perusahaan motor bernama Assan Motor, sebuah perusahaan yang sangat mementingkan kedisiplinan dan mengajarkan managemen diri yang keras bagi karyawan-karyawannya yang ingin menjadi seorang pemimpin. A...