Pada hari kamis tanggal 21 Oktober 2010 tepatnya pukul 15.30 sampai 18.00 WIB, semua mahasiswa Sistem Informasi ITS kelas C angkatan tahun 2010 sedang melakukan praktikum lapangan yang ke-5. Permainan yang dilakukan setiap kali kami praktikum selalu bervariasi dan banyak sekali nilai yang dapat kami ambil di setiap permainan tersebut.
Permainan yang kita lakukan pertama kali adalah dua puluh delapan puluh. Permainan ini merupakan sebuah permainan ice breaking atau pemanasan. Guna dilakukannya ice breaking ini untuk menambah semangat para mahasiswa pada sesi permainan yang selanjutnya.
Tata cara permainan dua puluh delapan puluh ini adalah pertama-tama kita berdiri membuat lingkaran yang besar dengan seorang fasilitator ditengah. Kedua tangan kita diangkat kira-kira selebar bahu dengan tangan kiri menunjuk ke atas sedangkan tangan kanan menelungkup dan keduanya diarahkan ke kedua teman yang ada disamping kita. Aturan dalam permainan ini adalah setiap fasilitator menyebutkan ‘Mas Kukuh’ tangan kiri kita yang sedang menelunjuk di jauhkan dari tangan teman yang ada di samping kiri kita agar tidak tertangkap. Sedangkan tangan kanan kita diharuskan mengangkap telunjuk teman kita yang berada di sebelah kanan. Bagi anak yang saat disebutkan kata ‘Mas Kukuh’, dia tidak dapat menghindar dari tangkapan teman yang ada di sebelah kirinya atau dia bergerak baik mencoba menangkap atau menghindar saat fasilitator belum menyebutkan kata ‘Mas Kukuh’. Dia diharuskan maju ke atas panggung untuk menerima hukuman atau yang pada permainan ini disebut dengan ‘hadiah’. Bagi anak-anak yang kurang beruntung dalam permainan ini dan diharuskan untuk menerima ‘hadiah’, mereka diwajibkan untuk menari di atas panggung. Mereka ada yang mendapat lagu hip hop dan ada juga yang mendapatkan lagu dangdut. Suasana pada saat penerimaan ‘hadiah’ tersebut berlangsung sangat mengasyikan karena ada mahasiswa yang berani mengekspresikan diri dengan melakukan break dance, tari koplo, goyang-goyang kepala, bahkan yang hanya menggoyangkan jempol pun ada.
Hikmah yang dapat kita ambil dalam permainan dua puluh delapan puluh adalah melatih daya konsentrasi kita, contohnya pada saat kedua tangan kanan dan kiri kita diharuskan melakukan tindakan yang berlawanan secara bersamaan karena kita harus benar-benar berkonsentrasi pada saat itu, sekali kita lengah maka kita akan mudah tertangkap; melatih ketangkasan kita; melatih kita untuk selalu sportif dan taat aturan pada permainan; melatih kita untuk selalu berbuat jujur, contoh saat kita kurang beruntung sehingga tertanggap atau menangkap saat klue belum disebutkan; melatih rasa percaya diri dan menjadi pribadi yang berbeda, contoh saat anak yang kurang beruntung dalam permainan diharuskan maju ke atas panggung untuk menerima ‘hadiah’, sehingga pada kesempatan tersebut kita dapat mengeksplor kemampuan diri agar orang lain lebih tahu kemampuan yang ada dalam diri kita.
Permainan yang kedua adalah but yes (dibaca: bet yes). Pada permainan ini di setiap kelompok dibagi kembali menjadi kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 orang. Pertama-tama disetiap kelompok diberi tugas menceritakan kisah liburan mereka, tetapi dengan aturan pada sesi pertama disetiap awal kalimat kita harus menyebutkan kata ‘ya dan ....’ sedangkan pada sesi kedua kita harus menyebutkan ‘ya tetapi ....’. Setelah kita menceritakan kisah liburan, kita diberi tugas yang sama seperti kegiatan sebelumnya tetapi dengan tema “show off yang akan kita tampilkan”. Aturan pada kegiatan ini juga sama seperti sebelumnya, yaitu menyebutkan ‘ya dan..’ pada sesi pertama dan ‘ ya tetapi ....’ pada sesi kedua. Setelah permainan but yes yang dibagi dalam kelompok kecil selesai, kita berkumpul dalam kelompok besar kembali dan membahas tentang tema “show off yang akan kita tampilkan”dengan aturan yang sama seperti sebelumnya.
Hikmah dari permainan but yes adalah melatih kita untuk dapat mengungkapkan kalau setuju atau menolak suatu pendapat; melatih kita dapat berbicara di hadapan orang lain; dapat mengungkapkan isi hati agar tidak dipendam sendiri; melatih kita untuk menghargai dan mau mendengarkan orang lain; dan mengajarkan kita tata cara bermusyawarah yang baik.
Permainan yang ketiga adalah pelangi perbedaan. Mengapa disebut dengan nama pelangi perbedaan, karena kita yang berasal dari berbagai macam warna sifat disatukan menjadi satu disebuah kelompok agar menjadi sebuah kelompok yang kompak tanpa memandang status warna dari backgroud mereka.
Tata cara permainan pelangi perbedaan adalah pertama kita diberi pensil warna dengan warna yang berbeda peranak. Lalu warna yang memiliki kesamaan ciri-ciri dikumpulkan menjadi beberapa kelompok kecil. Di dalam kelompok kecil tersebut kita bercerita tentang kesamaan hal dari masing-masing anggota kelompok kecil. Setelah dikumpulkan dengan warna yang mendekati sama, setiap kelompok kecil berpencar dan berganti partner dengan teman yang tidak memiliki kesamaan dengan warna kita. Lalu didalam kelompok kecil dengan warna berbeda, kita juga mendapat tugas bercerita tetapi dengan tentang perbedaan yang ada di dalam diri masing-masing anggota kelompok kecil.
Hikmah dari permainan pelangi perbedaan adalah mengajarkan untuk menghargai orang lain baik yang memiliki kesamaan ciri maupun perbedaan; melatih kita untuk pintar dalam menganalisis sesuatu, contohnya saat kita dikumpulkan dalam kelompok kecil dan kita diharuskan mencari perbedaan maupun persamaan didalam kelompok; melatih kita untuk menjadi pendengar maupun pembicara yang baik.
Permainan yang keempat adalah membuat poster. Permainan ini sebenarnya kelanjutan dari permainan yang sebelumnya yaitu permainan but yes dan pelangi perbedaan, karena hasil musyawarah dari permainan but yes dikumpulkan menjadi satu dan dilukiskan diatas karton sehingga menjadi poster yang menarik dengan menggunakan pensil warna yang telah digunakan pada permainan pelangi perbedaan. Tema show off yang akan ditampilkan adalah tentang “film box office”. Setiap kelompok harus mencari film yang happening baik pada masa lalu maupun sekarang. Judul film yang diambil setiap kelompok sangatlah beragam dan unik karena mereka banyak mengangkat film yang terkenal tetapi dipelesetkan sehingga menjadisebuah cerita yang unik. Masing-masing anggota wajib menggambarkan ide mereka di atas selembar karton dengan pensil warna yang telah mereka pegang sebelumnya. Setelah setiap kelompok membuat poster film yang akan ditampilkan, mereka diwajibkan mempresentasikan poster yang mereka buat diatas kelompok. presentasi yang mereka buat harus dikemas sedemikian menarik karena kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk promosi kelompok agar orang lain antusias dantertarik untuk melihat show off kita.
Hikmah dari permainan membuat poster ini adalah melatih kita untuk menjadi kreatif; mengajarkan kita untuk tetap bersatu meskipun dengan berbagai warna yang berbeda karena dengan perbedaan yang ada hasil karya yang akan kita kerjakan menjadi lebih indah; melatih kita untuk berfikir cepat dalam setiap tindakan karena waktu yang tersedia untuk memusyawarahkan show off hanya sebentar; melatih rasa percaya diri kita; melatih kita untuk membuat hasil karyayang unik agar orang lain dapat tertarik dengan karya kita; melatih kita untuk menjadi sales promotion yang handal.
Dari semua permainan di atas, kita dapat menarik kesimpulan tentang hikmah yang dapat kita ambil di setiap permainan. Untuk permainan dua puluh delapan puluh adalah pentingnya konsentrasi disetiap tindakan, melatih ketangkasan, selalu sportif dan taat aturan, jujur, menjadi percaya diri dan pribadi yang berbeda. Untuk permainan but yes yaitu melatih kita menjadi pendengar dan pembicara yang baik, mengungkapkan isi hati, melatih kita untuk menghargai, dan mengajarkan kita atata cara bermusyawarah yang baik. Untuk permainan ketiga yaitu permainan pelangi perbedaan hikmahnya adalah mengajarkan untuk menghargai orang lain, pintar dalam menganalisis sesuatu, serta melatih kita untuk menjadi pendengar maupun pembicara yang baik. Dan untuk permainan yang terakhir yaitu permainan membuat poster ini hikmah yang dapat kita ambil adalah melatih kreatifitas, melatih kekompakan, berfikir cepat dalam setiap, melatih kepercayaan diri, serta melatih kita untuk menjadi sales promotion yang handal. Dari kesemua hikmah permainan-permainan yang ada, semoga dapat kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari agar kitamenjadi pribadi yang lebih baik.
Permainan yang kita lakukan pertama kali adalah dua puluh delapan puluh. Permainan ini merupakan sebuah permainan ice breaking atau pemanasan. Guna dilakukannya ice breaking ini untuk menambah semangat para mahasiswa pada sesi permainan yang selanjutnya.
Tata cara permainan dua puluh delapan puluh ini adalah pertama-tama kita berdiri membuat lingkaran yang besar dengan seorang fasilitator ditengah. Kedua tangan kita diangkat kira-kira selebar bahu dengan tangan kiri menunjuk ke atas sedangkan tangan kanan menelungkup dan keduanya diarahkan ke kedua teman yang ada disamping kita. Aturan dalam permainan ini adalah setiap fasilitator menyebutkan ‘Mas Kukuh’ tangan kiri kita yang sedang menelunjuk di jauhkan dari tangan teman yang ada di samping kiri kita agar tidak tertangkap. Sedangkan tangan kanan kita diharuskan mengangkap telunjuk teman kita yang berada di sebelah kanan. Bagi anak yang saat disebutkan kata ‘Mas Kukuh’, dia tidak dapat menghindar dari tangkapan teman yang ada di sebelah kirinya atau dia bergerak baik mencoba menangkap atau menghindar saat fasilitator belum menyebutkan kata ‘Mas Kukuh’. Dia diharuskan maju ke atas panggung untuk menerima hukuman atau yang pada permainan ini disebut dengan ‘hadiah’. Bagi anak-anak yang kurang beruntung dalam permainan ini dan diharuskan untuk menerima ‘hadiah’, mereka diwajibkan untuk menari di atas panggung. Mereka ada yang mendapat lagu hip hop dan ada juga yang mendapatkan lagu dangdut. Suasana pada saat penerimaan ‘hadiah’ tersebut berlangsung sangat mengasyikan karena ada mahasiswa yang berani mengekspresikan diri dengan melakukan break dance, tari koplo, goyang-goyang kepala, bahkan yang hanya menggoyangkan jempol pun ada.
Hikmah yang dapat kita ambil dalam permainan dua puluh delapan puluh adalah melatih daya konsentrasi kita, contohnya pada saat kedua tangan kanan dan kiri kita diharuskan melakukan tindakan yang berlawanan secara bersamaan karena kita harus benar-benar berkonsentrasi pada saat itu, sekali kita lengah maka kita akan mudah tertangkap; melatih ketangkasan kita; melatih kita untuk selalu sportif dan taat aturan pada permainan; melatih kita untuk selalu berbuat jujur, contoh saat kita kurang beruntung sehingga tertanggap atau menangkap saat klue belum disebutkan; melatih rasa percaya diri dan menjadi pribadi yang berbeda, contoh saat anak yang kurang beruntung dalam permainan diharuskan maju ke atas panggung untuk menerima ‘hadiah’, sehingga pada kesempatan tersebut kita dapat mengeksplor kemampuan diri agar orang lain lebih tahu kemampuan yang ada dalam diri kita.
Permainan yang kedua adalah but yes (dibaca: bet yes). Pada permainan ini di setiap kelompok dibagi kembali menjadi kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 orang. Pertama-tama disetiap kelompok diberi tugas menceritakan kisah liburan mereka, tetapi dengan aturan pada sesi pertama disetiap awal kalimat kita harus menyebutkan kata ‘ya dan ....’ sedangkan pada sesi kedua kita harus menyebutkan ‘ya tetapi ....’. Setelah kita menceritakan kisah liburan, kita diberi tugas yang sama seperti kegiatan sebelumnya tetapi dengan tema “show off yang akan kita tampilkan”. Aturan pada kegiatan ini juga sama seperti sebelumnya, yaitu menyebutkan ‘ya dan..’ pada sesi pertama dan ‘ ya tetapi ....’ pada sesi kedua. Setelah permainan but yes yang dibagi dalam kelompok kecil selesai, kita berkumpul dalam kelompok besar kembali dan membahas tentang tema “show off yang akan kita tampilkan”dengan aturan yang sama seperti sebelumnya.
Hikmah dari permainan but yes adalah melatih kita untuk dapat mengungkapkan kalau setuju atau menolak suatu pendapat; melatih kita dapat berbicara di hadapan orang lain; dapat mengungkapkan isi hati agar tidak dipendam sendiri; melatih kita untuk menghargai dan mau mendengarkan orang lain; dan mengajarkan kita tata cara bermusyawarah yang baik.
Permainan yang ketiga adalah pelangi perbedaan. Mengapa disebut dengan nama pelangi perbedaan, karena kita yang berasal dari berbagai macam warna sifat disatukan menjadi satu disebuah kelompok agar menjadi sebuah kelompok yang kompak tanpa memandang status warna dari backgroud mereka.
Tata cara permainan pelangi perbedaan adalah pertama kita diberi pensil warna dengan warna yang berbeda peranak. Lalu warna yang memiliki kesamaan ciri-ciri dikumpulkan menjadi beberapa kelompok kecil. Di dalam kelompok kecil tersebut kita bercerita tentang kesamaan hal dari masing-masing anggota kelompok kecil. Setelah dikumpulkan dengan warna yang mendekati sama, setiap kelompok kecil berpencar dan berganti partner dengan teman yang tidak memiliki kesamaan dengan warna kita. Lalu didalam kelompok kecil dengan warna berbeda, kita juga mendapat tugas bercerita tetapi dengan tentang perbedaan yang ada di dalam diri masing-masing anggota kelompok kecil.
Hikmah dari permainan pelangi perbedaan adalah mengajarkan untuk menghargai orang lain baik yang memiliki kesamaan ciri maupun perbedaan; melatih kita untuk pintar dalam menganalisis sesuatu, contohnya saat kita dikumpulkan dalam kelompok kecil dan kita diharuskan mencari perbedaan maupun persamaan didalam kelompok; melatih kita untuk menjadi pendengar maupun pembicara yang baik.
Permainan yang keempat adalah membuat poster. Permainan ini sebenarnya kelanjutan dari permainan yang sebelumnya yaitu permainan but yes dan pelangi perbedaan, karena hasil musyawarah dari permainan but yes dikumpulkan menjadi satu dan dilukiskan diatas karton sehingga menjadi poster yang menarik dengan menggunakan pensil warna yang telah digunakan pada permainan pelangi perbedaan. Tema show off yang akan ditampilkan adalah tentang “film box office”. Setiap kelompok harus mencari film yang happening baik pada masa lalu maupun sekarang. Judul film yang diambil setiap kelompok sangatlah beragam dan unik karena mereka banyak mengangkat film yang terkenal tetapi dipelesetkan sehingga menjadisebuah cerita yang unik. Masing-masing anggota wajib menggambarkan ide mereka di atas selembar karton dengan pensil warna yang telah mereka pegang sebelumnya. Setelah setiap kelompok membuat poster film yang akan ditampilkan, mereka diwajibkan mempresentasikan poster yang mereka buat diatas kelompok. presentasi yang mereka buat harus dikemas sedemikian menarik karena kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk promosi kelompok agar orang lain antusias dantertarik untuk melihat show off kita.
Hikmah dari permainan membuat poster ini adalah melatih kita untuk menjadi kreatif; mengajarkan kita untuk tetap bersatu meskipun dengan berbagai warna yang berbeda karena dengan perbedaan yang ada hasil karya yang akan kita kerjakan menjadi lebih indah; melatih kita untuk berfikir cepat dalam setiap tindakan karena waktu yang tersedia untuk memusyawarahkan show off hanya sebentar; melatih rasa percaya diri kita; melatih kita untuk membuat hasil karyayang unik agar orang lain dapat tertarik dengan karya kita; melatih kita untuk menjadi sales promotion yang handal.
Dari semua permainan di atas, kita dapat menarik kesimpulan tentang hikmah yang dapat kita ambil di setiap permainan. Untuk permainan dua puluh delapan puluh adalah pentingnya konsentrasi disetiap tindakan, melatih ketangkasan, selalu sportif dan taat aturan, jujur, menjadi percaya diri dan pribadi yang berbeda. Untuk permainan but yes yaitu melatih kita menjadi pendengar dan pembicara yang baik, mengungkapkan isi hati, melatih kita untuk menghargai, dan mengajarkan kita atata cara bermusyawarah yang baik. Untuk permainan ketiga yaitu permainan pelangi perbedaan hikmahnya adalah mengajarkan untuk menghargai orang lain, pintar dalam menganalisis sesuatu, serta melatih kita untuk menjadi pendengar maupun pembicara yang baik. Dan untuk permainan yang terakhir yaitu permainan membuat poster ini hikmah yang dapat kita ambil adalah melatih kreatifitas, melatih kekompakan, berfikir cepat dalam setiap, melatih kepercayaan diri, serta melatih kita untuk menjadi sales promotion yang handal. Dari kesemua hikmah permainan-permainan yang ada, semoga dapat kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari agar kitamenjadi pribadi yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar