Kamis, 30 Desember 2010 di taman jurusan Sistem Informasi diadakan praktikum Keterampilan Interpersonal dengan tema Leadership, dari tema yang ada kita bisa tahu bahwa permainan-permainan yang diadakan pada praktikum kali ini mengajarkan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang sesungguhnya. Maksud dari pemimpin yang sesungguhnya yaitu seorang pemimpin yang dapat mengatur semua anggotanya, membaginya dalam beberapa tugas, bersikap wibawa, tangkas, dan pandai mengatur strategi.
Seperti biasanya praktikum keterampilan interpersonal yang dimulai pada pukul 15.30, pertama-tama dibuka dengan permainan ice breaking, gunanya adalah agar pada permainan selanjutnya semua mahasiswa yang mengikuti praktikum KI dapat lebih konsentrasi, selain itu ice breaking ini juga berguna untuk penyelaras setelah semua mahasiswa mendapatkan mata kuliah Algoritma dan pemrograman I yang cukup menguras otak. Nama permainan ice breaking ini adalah BUZZ. Mengapa game ice breaking kali ini bernama buzz. Setelah saya pikir-pikir memang ada betulnya. Karena coba saja bayangkan atau bahkan lakukan seperti instruksi saya pada kali ini. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan dan berkatalah “buzz”. Terasa lebih enak bukan? Insyallah setelah anda melakukan seperti instruksi yang saya lakukan, anda akan merasa sedikit lebih baik. Jadi menurut saya permainan ini memanglah cocok disebut sebagai ice breaking, karena permainan ini dapat membuang kepenatan hati.
Tata cara permainan buzz adalah :
1. Kumpukan orang sebanyak-banyaknya (karena semakin banyak semakin seru).
2. Berdiri dan buatlah lingkaran besar.
3. Tentukan seorang anak sebagai leader, gunanya pemimpin yang mengatur jalannya permainan ini,
4. Pada awal permainan seorang leader akan mengucapkan kata-kata pertama, contohnya leader mengucapkan kata “satu”, lalu orang yang ditunjuk oleh leader harus melanjutkannya, dengan mengucap kata “dua”, dan dilanjutkan kembali oleh teman disebelahnya sampai mengucap kata “empat”. Setelah mengucapkan kata “empat”, teman yang selanjutnya harus mengucapkan kata “buzz”.
5. Bila orang pada urutan ke lima tidak mengucapkan kata “buzz”, maka tentukan hukuman yang cocok buatnya.
6. Setelah pada urutan ke lima, orang pada urutan selanjutnya akan melanjutkan perkataan sesuai instruksi leader.
7. Lakukan permainan ini berulang-ulang, sampai menemukan siapa yang kurang berkonsentrasi.
Setelah melakukan ice breaking, dilanjutkan pada permainan yang kedua yaitu yang bernama WWW (what we want). Permainan www adalah sebuah permainan yang gunanya untuk menentukan sebenarnya kita cocok jadi manager atau pekerja. Permainan ini memiliki banyak manfaat karena kita bisa mengetahui jabatan apa yang cocok dan memang sesungguhnya kita inginkan, sesuai dengan judul permainannya what we want yang artinya apa yang kita inginkan.
Tata cara permainan www adalah :
1. Setiap kelompok dengan satu fasilitator berkumpul dan membentuk lingkaran.
2. Fasilitator membagikan kertas kuisioner yang berisi sesuatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan.
3. Buat skala prioritas untuk masing-masing pernyataan.
4. Setelah semua anggota selesai, cocokan hasil kita dengan jawaban yang benar.
5. Maka kita akan tahu jabatan apa yang cocokbuat kita.
Setelah melakukan permainan www, lanjut pada permainan yang ketiga dengan nama PUZZLE. Permainan puzzle merupakan sebuah permainan menggabungkan sebuah bentuk hingga menjadi bentuk yang sempurna. Permainan ini merupakan sebuah permainan logika, dimana kita harus mencari sebuah rangkaian angka dan menggabungkannya dalam waktu yang cepat. Pada permainan ini sangat dibutuhkan pemimpin yang cepat tanggap dan dapat mengarahkan anak buahnya untuk cepat bertindak sesuai tugas masing-masing.
Tata cara bermain puzzle adalah :
1. Siapkan kelompok dan tunjuk satu ketua.
2. Siapkan kertas puzzle. Kertas puzzle ini berisi deratan angka-angka acak.
3. Buat sebuah bentuk baru yang didalamnya terdapat angka 1-4 (angka boleh acak) tanpa mengubah susunan puzzle.
4. Kerjakan secepat mungkin,siapa yang tercepat dia pemenangnya.
Permainan terakhir yang kita lakukan adalah AI AI CAPTAIN. Permainan ini sangat membutuhkan strategi, ketangkasan, dan ketepatan dalam bermain. Oleh karena ini, pemimpin harus benar-benar pandai dalam mengatur strategi dan dapat mengarahkan semua anak buahnya. Jika dilihat dari nama permainannya, permainan ini mengandung arti sapaan yaitu sapaan anak buah kepada kapten atau ketuanya agar dia dapat berpindah dari suatu pulau ke pulau seberang dengan melewati sebuah laut. Menurut saya, kata “ai” pada permainan ini memiliki dua arti yaitu bisa berarti sapaan dari anak buah kepada kaptennya agar dia ditolong sampai ke seberang atau bisa jadi sebuah ucapan selamat tinggal. Apapun artinya, permainan ini sangat mementingkan kekompakan kelompok. Kelompok yang tercepat dialah yang menjadi kelompok yang terkompak.
Tata cara permainan ai ai captain adalah :
1. Siapkan beberapa kelompok. Disetiap kelompok tunjuk satu ketua.
2. Atur strategi agar dapat melewati laut dengan cepat dengan hanya menggunakan empat kertas sebagai pijakan.
3. Berjalanlah melawati laut dengan berpijak pada setiap kertas sampai ke seberang.
4. Bagi anggota kelompok yang keluar dari pijakan saat berpindah, maka dia wajib mengulang dari awal kembali.
5. Kelompok yang tercepat dalam memindahkan anggotanya, maka dialah pemenangnya.
Dari semua permainan diatas, semuanya mengandung arti tentang kepemimpinan. Mulai dari game ice breaking buzz yang sangat membutuhkan konsentrasi yang diarahkan pemimpin, permainan www yang menunjukkan apakah kita cocok sebagai seorang manager atau malah cocok sebagai pekerja? Data ini didapatkan dari kuisioner yang dibagikan oleh fasilitator, permainan puzzle yang membutuhkan sosok pemimpin untuk membagi tugas pada masing-masing anggotanya untuk menganalisa dan merangkai sebuah puzzle, dan permainan ai ai captain sebagai permainan terakhir yang sangat membutuhkan strategi jitu dari seorang pemimpin agar dapatmenyebrangi lautan. Oleh karena itu, dari beberapa permainan ini saya dapat mengambil banyak sekali manfaat agar dapat menjadi seorang pemimpin yang sesungguhnya.
Seperti biasanya praktikum keterampilan interpersonal yang dimulai pada pukul 15.30, pertama-tama dibuka dengan permainan ice breaking, gunanya adalah agar pada permainan selanjutnya semua mahasiswa yang mengikuti praktikum KI dapat lebih konsentrasi, selain itu ice breaking ini juga berguna untuk penyelaras setelah semua mahasiswa mendapatkan mata kuliah Algoritma dan pemrograman I yang cukup menguras otak. Nama permainan ice breaking ini adalah BUZZ. Mengapa game ice breaking kali ini bernama buzz. Setelah saya pikir-pikir memang ada betulnya. Karena coba saja bayangkan atau bahkan lakukan seperti instruksi saya pada kali ini. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan dan berkatalah “buzz”. Terasa lebih enak bukan? Insyallah setelah anda melakukan seperti instruksi yang saya lakukan, anda akan merasa sedikit lebih baik. Jadi menurut saya permainan ini memanglah cocok disebut sebagai ice breaking, karena permainan ini dapat membuang kepenatan hati.
Tata cara permainan buzz adalah :
1. Kumpukan orang sebanyak-banyaknya (karena semakin banyak semakin seru).
2. Berdiri dan buatlah lingkaran besar.
3. Tentukan seorang anak sebagai leader, gunanya pemimpin yang mengatur jalannya permainan ini,
4. Pada awal permainan seorang leader akan mengucapkan kata-kata pertama, contohnya leader mengucapkan kata “satu”, lalu orang yang ditunjuk oleh leader harus melanjutkannya, dengan mengucap kata “dua”, dan dilanjutkan kembali oleh teman disebelahnya sampai mengucap kata “empat”. Setelah mengucapkan kata “empat”, teman yang selanjutnya harus mengucapkan kata “buzz”.
5. Bila orang pada urutan ke lima tidak mengucapkan kata “buzz”, maka tentukan hukuman yang cocok buatnya.
6. Setelah pada urutan ke lima, orang pada urutan selanjutnya akan melanjutkan perkataan sesuai instruksi leader.
7. Lakukan permainan ini berulang-ulang, sampai menemukan siapa yang kurang berkonsentrasi.
Setelah melakukan ice breaking, dilanjutkan pada permainan yang kedua yaitu yang bernama WWW (what we want). Permainan www adalah sebuah permainan yang gunanya untuk menentukan sebenarnya kita cocok jadi manager atau pekerja. Permainan ini memiliki banyak manfaat karena kita bisa mengetahui jabatan apa yang cocok dan memang sesungguhnya kita inginkan, sesuai dengan judul permainannya what we want yang artinya apa yang kita inginkan.
Tata cara permainan www adalah :
1. Setiap kelompok dengan satu fasilitator berkumpul dan membentuk lingkaran.
2. Fasilitator membagikan kertas kuisioner yang berisi sesuatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan.
3. Buat skala prioritas untuk masing-masing pernyataan.
4. Setelah semua anggota selesai, cocokan hasil kita dengan jawaban yang benar.
5. Maka kita akan tahu jabatan apa yang cocokbuat kita.
Setelah melakukan permainan www, lanjut pada permainan yang ketiga dengan nama PUZZLE. Permainan puzzle merupakan sebuah permainan menggabungkan sebuah bentuk hingga menjadi bentuk yang sempurna. Permainan ini merupakan sebuah permainan logika, dimana kita harus mencari sebuah rangkaian angka dan menggabungkannya dalam waktu yang cepat. Pada permainan ini sangat dibutuhkan pemimpin yang cepat tanggap dan dapat mengarahkan anak buahnya untuk cepat bertindak sesuai tugas masing-masing.
Tata cara bermain puzzle adalah :
1. Siapkan kelompok dan tunjuk satu ketua.
2. Siapkan kertas puzzle. Kertas puzzle ini berisi deratan angka-angka acak.
3. Buat sebuah bentuk baru yang didalamnya terdapat angka 1-4 (angka boleh acak) tanpa mengubah susunan puzzle.
4. Kerjakan secepat mungkin,siapa yang tercepat dia pemenangnya.
Permainan terakhir yang kita lakukan adalah AI AI CAPTAIN. Permainan ini sangat membutuhkan strategi, ketangkasan, dan ketepatan dalam bermain. Oleh karena ini, pemimpin harus benar-benar pandai dalam mengatur strategi dan dapat mengarahkan semua anak buahnya. Jika dilihat dari nama permainannya, permainan ini mengandung arti sapaan yaitu sapaan anak buah kepada kapten atau ketuanya agar dia dapat berpindah dari suatu pulau ke pulau seberang dengan melewati sebuah laut. Menurut saya, kata “ai” pada permainan ini memiliki dua arti yaitu bisa berarti sapaan dari anak buah kepada kaptennya agar dia ditolong sampai ke seberang atau bisa jadi sebuah ucapan selamat tinggal. Apapun artinya, permainan ini sangat mementingkan kekompakan kelompok. Kelompok yang tercepat dialah yang menjadi kelompok yang terkompak.
Tata cara permainan ai ai captain adalah :
1. Siapkan beberapa kelompok. Disetiap kelompok tunjuk satu ketua.
2. Atur strategi agar dapat melewati laut dengan cepat dengan hanya menggunakan empat kertas sebagai pijakan.
3. Berjalanlah melawati laut dengan berpijak pada setiap kertas sampai ke seberang.
4. Bagi anggota kelompok yang keluar dari pijakan saat berpindah, maka dia wajib mengulang dari awal kembali.
5. Kelompok yang tercepat dalam memindahkan anggotanya, maka dialah pemenangnya.
Dari semua permainan diatas, semuanya mengandung arti tentang kepemimpinan. Mulai dari game ice breaking buzz yang sangat membutuhkan konsentrasi yang diarahkan pemimpin, permainan www yang menunjukkan apakah kita cocok sebagai seorang manager atau malah cocok sebagai pekerja? Data ini didapatkan dari kuisioner yang dibagikan oleh fasilitator, permainan puzzle yang membutuhkan sosok pemimpin untuk membagi tugas pada masing-masing anggotanya untuk menganalisa dan merangkai sebuah puzzle, dan permainan ai ai captain sebagai permainan terakhir yang sangat membutuhkan strategi jitu dari seorang pemimpin agar dapatmenyebrangi lautan. Oleh karena itu, dari beberapa permainan ini saya dapat mengambil banyak sekali manfaat agar dapat menjadi seorang pemimpin yang sesungguhnya.
terimakasih atas infonya..sangat membantu saya..salam kenal
BalasHapus